PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

Puspitasari, Farida Tri and Suyoso, Suyoso (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. Skripsi.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis mobile learning layak digunakan untuk proses pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak parabola, 2) mengetahui peningkatan motivasi peserta didik pada pokok bahasan gerak parabola dengan menggunakan media pembelajaran berbasis berbasis mobile learning, dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan gerak parabola dengan menggunakan media pembelajaran berbasis berbasis mobile learning. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap analysis untuk menganalisis keadaan peserta didik sebeum penelitian dimulai. Tahap design untuk merancang produk yang akan dikembangkan beserta instrumen pengambilan data penelitian. Tahap development untuk mengembangkan produk media pembelajaranberbasis mobile learning berupa aplikasi pada smartphone dengan platform android. Tahap implementation untuk mengimplementasikan produk yang telah dikembangkan. Tahap Evaluationi untuk merevisi media pembelajaran setelah pengambilan data. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 4 SMA N 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: RPP, lembar validasi, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket motivasi belajar, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis validasi instrumen dan analisis hasil. Teknik analisis validitas instrumen menggunakan Biser, Koefisien Alpha Cronbach, dan SBi, sedangkan untuk analisis hasil penelitian menggunakan Normalized gain dan persentase keterlaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) telah dihasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik SMA N 4 Yogyakarta pada materi gerak parabola dengan kategori sangat baik, 2) peningkatan motivasi belajar Fisika peserta didik SMA setelah menggunakan media pembelajaran berbasis mobile learning berdasarkan nilai gain yaitu 0,31 dengan kategori sedang, dan 3) peningkatan hasil belajar peserta didik SMA setelah menggunakan media pembelajaran berbasis mobile learning berdasarkan nilai gain yaitu 0,77 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mobile learning, hasil belajar, dan motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56650

Actions (login required)

View Item View Item