LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Belindha Yunita Alfarisi, Belindha Yunita Alfarisi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14803241019_Belindha Yunita Alfarisi_Pendidikan Akuntansi FE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program PLT adalah program kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. PLT merupakan salah satu mata kuliah yang sifatnya wajib untuk ditempuh oleh mahasiswa program S1 kependidikan dengan bobot mata kuliah 3 sks. Adanya PLT ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang nyata bagi mahasiswa berlatih menjadi guru dengan mengajar di dalam kelas yang sesungguhnya. Pada periode PLT tahun 2017 ini, pelaksanaan PLT dilaksanakan dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 dan berlokasi di SMK Negeri 7 Yogyakarta. SMK Negeri 7 Yogyakarta berlokasi di Jalan Gowongan Kidul JT III/416 Yogyakarta. Program keahlian yang ada di SMK N 7 Yogyakarta yaitu Akuntansi Keuangan, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, Multimedia, dan Usaha Perjalanan Wisata. Pelaksanaan PLT pada periode ini minimal jam yang harus dipenuhi oleh mahasiswa adalah 256 jam. Program atau kegiatan yang dilakukan selama PLT oleh mahasiswa meliputi dua macam yaitu program mengajar dan program non mengajar. Program mengajar terdiri dari observasi kelas, administrasi pembelajaran, dan praktik mengajar terbimbing. Sedangkan program non mengajar seperti mengikuti upacara bendera, piket lobby, senam atau olahraga, penerjunan, dan penarikan PLT. Untuk program mengajar terbimbing sendiri, dalam pelaksanaannya dilakukan dengan mengajar tiga kelas yaitu kelas X AKL1, X AKL 2, dan X AKL 3 dengan mata pelajaran Perbankan Dasar. Kegiatan mengajar ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan dengan presentasi materi, permainan edukatif, dan diskusi. Sedangkan Evaluasi dan penilaian kinerja tiap siswa dilihat dari tugas kelompok maupun individu tiap pertemuan tatap muka dan nilai ulangan harian siswa di tiap akhir kompetensi dasar. SMK Negeri 7 Yogyakarta sendiri menetapkan nilai KKM untuk mata pelajaran Perbankan Dasar yaitu 75. Ketercapaian pelaksanaan PLT di SMK Negeri 7 Yogyakarta terbagi menjadi dua yaitu ketercapaian program mengajar dan program non mengajar. Jumlah jam program mengajar yang tercapai selama PLT yaitu 168,5 jam sedangkan jumlah jam non mengajar yaitu sejumlah 81,85 jam, dan program tambahan 39 jam. Jadi, selama pelaksanaan PLT di SMK Negeri 7 Yogyakarta jumlah jam yang tercapai yaitu sejumlah 283,4 jam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT SMK N 7 Yogyakarta, Program Mengajar, Program Non Mengajar, Ketercapaian Jumlah Jam PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Apr 2018 03:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56648

Actions (login required)

View Item View Item