PENGARUH LATIHAN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING DAN PASSING PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 2 KALASAN

Putri, Yusila Iswanti (2018) PENGARUH LATIHAN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING DAN PASSING PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 2 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_YUSILA ISWANTI PUTRI_14601241029.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya sarana dan prasarana di sekolah yang digunakan dalam ekstrakurikuler sepakbola dan kurangnya variasi latihan sepakbola yang digunakan pelatih pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan sepakbola empat gawang terhadap keterampilan dribbling dan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Kalasan. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta ekstrakulikuler sepakbola SMP Negeri 2 Kalasan yang berjumlah 20 orang dan semua subjek berjenis kelamin laki-laki. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes keterampilan dribbling dan passing hasil penelitian Subagyo Irianto dan Sismadianto yang berjudul Tes Keterampilan Bermain Sepakbola Bagi Siswa Sekolah Sepakbola Puspor IKIP Yogyakarta. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t. Diperoleh tingkat peningkatan keterampilan dribbling sebesar 10,41% dan peningkatan keterampilan passing sebesar 31,03%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan sepakbola empat gawang terhadap keterampilan dribbling peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Kalasan. Terdapat pengaruh yang signifikan latihan sepakbola empat gawang terhadap keterampilan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Kalasan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan, sepakbola empat gawang,dribbling, passing
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Apr 2018 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56645

Actions (login required)

View Item View Item