Sarah Idha Fatmala, Sarah Idha Fatmala (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14802241014_Sarah Ida Fatmala.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbng (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 Sepetember – 15 November 2017 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester ganjil tahun 2017 ini adalah di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 14 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2 Program Bimbingan Konseling dan 4 Program Pendidikan Akuntansi. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 1 Oktober - 11 November, sebanyak 16 pertemuan di kelas X OTKP 1 dan 2. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Korespondensi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Tanya jawab. Media yang digunakan adalah MS Powerpoint, Prezi, modul, laptop dan whiteboard, spidol dan penghapus. Pelaksanaan PLT di SMK Negeri 7 Yogyakarta meliputi program pembuatan administrasi guru, pembuatan RPP, pembuatan soal evaluasi, analisis penilaian, administrasi, dan konsultasi pembimbing. Setelah pelaksanaan peserta PLT wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PLT. Secara umum, program-program PLT yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan- hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PLT adalah para siswa yang belum memiliki modul/lks. Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL meminjam buku atau modul tersebut di perpustakaan sedangkan murid bias meminjam dan di anjurkan untuk membeli. Dari pelaksanaan PLT, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT, Program PLT, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 02:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |