PENGARUH LATIHAN DOLLYO CHAGI MENGGUNAKAN GAWANG MODIFIKASI DAN PYONGYO TERHADAP KETERAMPILAN TENDANGANDOLLYO CHAGI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA

Firdaus, Ghulam Zaky Nidhomuddin (2018) PENGARUH LATIHAN DOLLYO CHAGI MENGGUNAKAN GAWANG MODIFIKASI DAN PYONGYO TERHADAP KETERAMPILAN TENDANGANDOLLYO CHAGI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GHULAM.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dollyo chagi menggunakan gawang modifikasi dan pyongyo terhadap keterampilan tendangan dollyo chagi pada peserta ekstrakurikuler taekwondo SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler taekwondo SMA Kolese De Britto Yogyakarta berjumlah 12 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan teknik pembagian sampel menggunakan ordinal pairing. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan tendangan dollyo chagi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan dollyo chagi menggunakan gawang modifikasi dan pyongyo terhadap keterampilan tendangan dollyo chagi pada peserta ekstrakurikuler taekwondo SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Dari kelompok eksperimen Mean Difference sebesar 10 dan dibandingkan dengan rata-rata pretest sebesar 17,40 menghasilkan peningkatan keterampilan tendangan dollyo chagi sebesar 57,47% sedangkan pada kelompok kontrol Mean Difference sebesar 3,8 dan dibandingkan dengan rata-rata pretest sebesar 16,40 menghasilkan peningkatan keterampilan tendangan dollyo chagi sebesar 23,17%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan, dollyo chagi, gawang modifikasi, pyongyo, keterampilan, ekstrakurikuler, taekwondo
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Apr 2018 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56643

Actions (login required)

View Item View Item