LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

AULIA RACHMA FAJRIA, AULIA RACHMA FAJRIA (2017) LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14104241035_AULIA RACHMA FAJRIA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Aspek penguasaan ilmu secara lengkap terdiri dari tiga kemampuan yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiga aspek tersebut saling melengkapi dan menguatkan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mendukung mahasiswa dalam menguasai ketigaketiganya. Tidak jauh berbeda dengan guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling juga harus mengetahui dan menguasai teori-teori BK dan diterapkan dalam pemberian layanan pada konseli. Tujuan dari kegiatan ini adalah mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung dengan situasi dan kondisi yang nyata , sehingga pada akhirnya nanti dapat menjadi konselor yang memiliki integritas dan profesionalitas. Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan selama dua bulan mulai dari tanggal 15 September s.d 15 November. Mahasiswa akan memperoleh guru pembimbing lapangan sesuai dengan jurusan masing-masing. Kegiatan PLT BK di SMK Negeri 7 Yogyakarta dimulai dari tahap observasi situasi, kondisi serta administrasi yang kemudian dituangkan kedalam matik kerja PLT. Matrik kerja PLT BK mempertimbangkan 4 layanan BK yaitu layanan dasar, responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem serta 4 bidang BK yaitu bidang pribadi, sosial, karier dan belajar. Untuk mengetahui kebutuhan dari siswa dan ketepatan layanan yang diberikan, mahasiswa menggunakan Instrumen Tugas Perkembangan (ITP). Setelah angket selesai dianalisis selanjutnya adalah menyiapkan Rencana Pemberian Layanan (RPL). Selain bimbingan klasikal, Kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 7 Yogyakarta seperti konseling indvidu, konseling kelompok, bimbingan kelompok dan home visit dapat berjalan meskipun tidak ada jam khusus masuk kelas untuk BK. Berdasarkan hasil observasi dan analisis situasi yang telah dilaksanakan, maka disusunlah program PLT yang diharapkan dapat menunjang pengembangan pembelajaran yang ada di SMK Negeri 7 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK Negeri 7 Yogyakarta, PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Apr 2018 01:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56641

Actions (login required)

View Item View Item