LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dina Murdani, Dina Murdani (2017) LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14104241031_DINA MURDANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan gabungan dari kemampuan kognitif, akfektif, dan psikomotorik. Menjadi seorang guru bimbingan dan konseling aspek kemampuan yang harus dimiliki tidak jauh berbeda dengan guru mata pelajaran. Guru bimbingan dan konseling harus mengetahui dan menguasai teori-teori BK dan penerapannya dalam pemberian layanan kepada konseli. Selama waktu pelaksanaan PLT mahasiswa menjalankan program BK Komprehensif. Tujuan dari program ini adalah mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung dengan situasi dan kondisi yang nyata, sehingga pada akhirnya nanti dapat menjadi konselor yang memiliki integritas dan profesionalitas. Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan selama dua bulan mulai dari tanggal 15 September s.d 15 November 2017. Kegiatan PLT BK di SMK Negeri 7 Yogyakarta dimulai dari tahap observasi situasi, kondisi serta administrasi yang kemudian dituangkan kedalam matik kerja PLT. Matrik kerja PLT BK mempertimbangkan 4 layanan BK yaitu layanan dasar, responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem serta 4 bidang BK yaitu bidang pribadi, sosial, karier dan belajar. Untuk mengetahui kebutuhan dari siswa dan ketepatan layanan yang diberikan mahasiswa menggunakan assesmen Inventori Tugas Perkembangan (ITP) dan Angket Sosiometri Nominatif. Setelah inventori dan angket selesai dianalisis selanjutnya adalah menyiapkan Rencana Pemberian Layanan (RPL). Pada tahun ajaran 2017/2018 semester 1 Bimbingan dan Konseling di SMK N 7 Yogyakarta tidak memiliki jam masuk kelas. Meskipun demikian, guru BK di SMK N 7 Yogyakarta masih bisa memberikan layanan seperti konseling individual, konseling keompok, bimbingan kelompok, home visit dan layanan BK lainnya. Program yang terdapat di dalam matik kerja PLT terlaksana 92,9 %. Kegiatan bimbingan dengan guru pembimbing disekolah berjalan setiap minggunya. Di akhir kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa wajib membuat laporan selama kegiatan PLT berlangsung. Guru Pembimbing di sekolah melakukan penlaian terhadap mahasiswa bimbingannya berdasarkan form yang sudah disediakan oleh prodi. Kemudian diserahkan kepada Dosen Pembimbing Lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK N 7 Yogyakarta, PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Apr 2018 01:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56640

Actions (login required)

View Item View Item