UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA BATANG NAPIER DI KELAS II SD N DELEGAN 3

Ningsih, Ida Fitria (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA BATANG NAPIER DI KELAS II SD N DELEGAN 3. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ida Fitria Ningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perkalian bilangan cacah menggunakan media batang napier pada siswa kelas II SD Negeri Delegan 3, Prambanan, Sleman. Tujuan penelitian ini juga untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika menggunakan media batang napier. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Delegan 3 semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes tertulis. Teknik observasi digunakan dalam memperoleh data terkait proses pembelajaran sedangkan teknik tes digunakan dalam memperoleh data hasil belajar siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta soal tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan media batang napier dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian bilangan cacah dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Delegan 3. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada akhir siklus I yaitu aktivitas siswa mencapai kriteria cukup dengan persentase keberhasilan 69,6% kemudian meningkat pada akhir siklus II yaitu aktivitas siswa mencapai kriteria baik dengan persentase keberhasilan 88,2%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 66 meningkat menjadi 83,7 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 18 siswa atau sebesar 66,6%. Pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 25 siswa atau sebesar 92,6%. Kata kunci: hasil belajar matematika, perkalian bilangan cacah, media batang napier, dan kelas II SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2018 07:37
Last Modified: 30 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56636

Actions (login required)

View Item View Item