PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Kurnia, Hernawan Satya (2018) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGANG SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
HERNAWAN SATYA KURNIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan di SD Negeri Panggang Sedayu Kabupaten Bantul. Aspek yang diteliti meliputi: 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) penggerakan, dan 4) pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan perpustakaan di SD Negeri Panggang Sedayu adalah sebagai berikut: (a) Perencanaan yang ada meliputi perencanaan bahan pustaka dan perencanaan layanan yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama dengan para guru. (b) Pengorganisasian tidak berjalan sesuai dengan struktur organisasi yang ada, karena adanya perpustakaan di setiap kelas sehingga semua guru berperan dalam pengelolaan perpustakaan. (c) Penggerakan, kepala sekolah sebagai koordinator memberikan pengarahan dan motivasi sehingga selalu ada komunikasi diantara semua pihak. (d) Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah berjalan setiap saat dan dilaksanakan juga oleh sesama guru. 2) Hambatan yang dihadapi adalah tidak adanya petugas khusus di perpustakaan, gedung perpustakaan yang dipakai untuk kelas, dan anggaran yang terbatas. Kata Kunci: pengelolaan, perpustakaan, kepala sekolah, dan guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2018 07:35
Last Modified: 30 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56635

Actions (login required)

View Item View Item