IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD N SUTAN KABUPATEN SLEMAN

Rifanty, Epriliana (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD N SUTAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Epriliana Rifanty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter percaya diri pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Sutan Kabupataen Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, pembina Pramuka, siswa Pramuka golongan Siaga dan Penggalang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter percaya diri dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka sudah lengkap berupa program kegiatan peserta didik mingguan dan silabus. Sekolah berperan dalam penyediaan sarana, prasarana, dan dana pendukung kegiatan. Pelaksanaan pendidikan karakter percaya diri bagi Pramuka golongan Siaga menggunakan Dwi Satya dan Dwi Dharma ditunjukkan dengan siswa berani tampil dan optimis dalam setiap kegiatan Pramuka. Hal tersebut merupakan unsur percaya diri yang dijabarkan dari bunyi Dwi Dharma yaitu Siaga itu berani dan tidak putus asa. Tri Satya dan Dasa Dharma digunakan oleh Pramuka golongan Penggalang untuk memunculkan karakter percaya diri. Hal tersebut ditunjukkan dengan siswa berani tampil ketika praktek semaphore, memimpin baris-berbaris, dan tali temali. Pelaksanaan pendidikan karakter percaya diri secara umum telah menerapkan prinsip dasar Pramuka dan metode kepramukaan. Penghambat proses pendidikan karakter percaya diri yaitu sulit memfokuskan siswa kepada Pembina karena sudah terbiasa mengabaikan perintah. Evaluasi yang dilakukan pembina untuk mengetahui implementasi dilakukan melalui praktek yang menunjukkan keberanian dan kepercayaan diri siswa Kata kunci: Pendidikan Karakter Percaya Diri, Ekstrakurikuler Pramuka

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2018 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56633

Actions (login required)

View Item View Item