HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA-TANGAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KONSISTENSI FOREHAND GROUNDSTROKE DAN BACKHAND GROUNDSTROKE DALAM BERMAIN TENIS MAHASISWA PRODI PJKR FIK UNY

Astanto, Burhannandra Dwi (2018) HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA-TANGAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KONSISTENSI FOREHAND GROUNDSTROKE DAN BACKHAND GROUNDSTROKE DALAM BERMAIN TENIS MAHASISWA PRODI PJKR FIK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Burhannandra Dwi Astanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara koordinasi mata-tangan terhadap konsistensi forehand groundstroke dan backhand groundstroke dalam bermain tenis mahasiswa olahraga pilihan tenis lapangan Prodi PJKR FIK UNY, untuk mengetahui hubungan antara kelincahan terhadap konsistensi forehand groundstroke dan backhand groundstroke dalam bermain tenis mahasiswa olahraga pilihan tenis lapangan Prodi PJKR FIK UNY, dan untuk mengetahui hubungan antara koordinasi mata-tangan dan kelincahan terhadap konsistensi forehand groundstroke dan backhand groundstroke dalam bermain tenis mahasiswa olahraga pilihan tenis lapangan Prodi PJKR FIK UNY. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Sebanyak 28 mahasiswa dan 8 mahasiswi dengan total 36 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang sekaligus merupakan penelitian korelasional. Instrumen dalam penelitian ini, yaitu: (1) Tes Koordinasi Mata Tangan (2) Tes Kelincahan (Shuttle Run Test) (3) Konsistensi forehand groundstroke dan backhand groundstroke dalam bermain tenis (Kemp-Vincent Rally Tennis Test). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis multivariated yaitu korelasi regresi sederhana dan regresi ganda, melalui uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-tangan (X1) dan konsistensi forehand groundstroke dan backhand groundstroke dalam bermain tenis lapangan (y) dengan r = 0,490, dan p = 0,329 (2). Ada hubungan yang signifikan antara kelincahan (X2) dan konsistensi forehand groundstroke dan backhand groundstroke dalam bermain tenis lapangan (y) dengan r = -0,461 dan p = 0,329 (3). Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-tangan (X1) dan kelincahan (X2) dengan konsistensi forehand groundstroke dan backhand groundstroke dalam bermain tenis lapangan (y) dengan r = 9,356, dan p = 3,26. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-tangan dan kelincahan terhadap konsistensi forehand groundstroke dan backhand groundstroke dalam bermain tenis mahasiswa Prodi PJKR FIK UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: koordinasi mata-tangan, kelincahan, forehand groundstroke, backhand groundstroke, tenis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Apr 2018 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56619

Actions (login required)

View Item View Item