PENGEMBANGAN SOFTWARE MEDIA PEMBELAJARAN “STOP MOTION TEKNIK SENAM LANTAI PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID”

Prestianto, Agus (2017) PENGEMBANGAN SOFTWARE MEDIA PEMBELAJARAN “STOP MOTION TEKNIK SENAM LANTAI PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID”. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
AGUS PRESTIANTO PDF.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa software media pembelajaran senam lantai yang dapat digunakan sebagai metode baru dalam pembelajaran teknik dalam cabang olahraga senam lantai untuk atlet. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Langkah-langkah penelitian ini mengadaptasi dari langkah penelitian Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah, akan tetapi di adaptasi sesuai dengan tujuan penelitian pengembangan ini. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 3 atlet senam lantai, sedangkan uji coba skala besar dilakukan terhadap 10 atlet senam lantai. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar evaluasi, dan angket skala penilaian. Data hasil evaluasi berbentuk deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang bersifat kualitatif diperoleh melalui kegiatan validasi ahli dan kegiatan uji coba yang berupa masukan, tanggapan serta kritik dan saran. Data yang bersifat kuantitatif yang berupa penilaian, dihimpun melalui angket atau kuesioner uji coba produk, pada saat kegiatan uji coba, dianalisis dengan analisis kuantitatif deskriptif. Persentase dimaksudkan untuk mengetahui status sesuatu yang dipresentasikan dan disajikan tetap berupa persentase. Sesudah sampai ke persentase lalu ditafsirkan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Hasil analisis data pada penelitian pengembangan ini, dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian produk “Software Media Pembelajaran Stop Motion Teknik Senam Lantai pada Smartphone Berbasis Android” dapat digunakan sebagai media belajar dalam senam lantai dengan presentase 91,67% responden menyatakan media pembelajaran Sangat Sesuai/ Sangat Layak dan 8,33% responden menyatakan media pembelajaran Sesuai/ Layak. Keseluruhan mengenai aspek materi dan desain produk diperoleh rata-rata 4.875 dengan kategori Sangat Sesuai atau persentase 97.5% responden menyatakan Sangat Sesuai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, software android, senam lantai
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Apr 2018 04:09
Last Modified: 30 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56605

Actions (login required)

View Item View Item