LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Nok ita, Nok ita (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5. Nok Ita_14103241035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program PLT/ Magang III adalah kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)/ Magang III yang bertujuan mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik atau tenaga kependidikan. Sebagai dasar pengembangan pembimbing yang dilatih serta mempunyai kualifikasi sebagai pembimbing PPL/ Magang III. Pelaksanaan PPL dikelola oleh PP PPL & PKL dibawah koordinator LPPMP UNY dan bersinergi dengan sekolah, lembaga, klub maupun instansi yang berada di beberapa kabupaten di DIY dan Provinsi Jawah Tengah. PLT/ Magang III dilaksanakan di SLB A Yaketunis oleh 9 mahasiswa Pendidikan Luar Biasa kekhususan tunanetra pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Persiapan PLT/ Magang III dilakukan dengan melaksanakan observasi dan penyususnan program kerja berdasarkan kebutuhan sekolah dan disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa. Terdapat dua kegiatan pokok dalam PLT/ Magang III yaitu kegiatan ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler. Kegiatan ko-kurikuler adalah praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilakukan oleh setiap mahasiswa, dengan kelas dan mata pelajaran yang berbeda. Mahasiswa diperkenankan membantu mengajar di kelas apabila ada guru yang berhalangan hadir. Kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari pemeliharaan perpustakaan, apel pagi, pramuka, upacara bendera hari Senin, upacara memperingati hari Nasional, dan kegiatan melengkapi adminitrasi sekolah. Adminitrasi sekolah yang perlu dilengkapi antara lain: pembaharuan papn jadwal pelajaran, penataan buku, dan pembuatan mading. Berdasarkan hasil kegiatan PPL/ Magang III dapat disimpulkan manfaat bagi mahasiswa yaitu memperoleh pengalaman tentang cara berfikir secara interdisipliner, mampu mengatasi permasalahan pembelajaran, serta memberikan pengalaman langsung berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran siswa tunanetra di SLB A Yaketunis. Mahasiswa mengetahui berbagai hal yang harus dilakukan di sekolah selain sebagai pendidik, yaitu melaksanaan administrasi sekolah, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan pendampingan kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tunanetra, Yaketunis, PLT/ Magang III
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Apr 2018 04:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56601

Actions (login required)

View Item View Item