PENINGKATAN REGULASI EMOSI MELALUI METODE EXPRESSIVE WRITING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

Rohmah Nurhuda, Rohmah (2018) PENINGKATAN REGULASI EMOSI MELALUI METODE EXPRESSIVE WRITING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_ROHMAH NURHUDA_12104241058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bermula dari permasalahan di SMP Negeri 2 Yogyakarta yaitu siswa kelas VIII belum bisa meregulasi emosi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode expressive writing dalam meningkatkan regulasi emosi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui dua siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala regulasi emosi, observasi dan wawancara. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi, melalui expert judgment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach, dengan nilai koefisien α 0,745. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode expressive writing dapat meningkatkan regulasi emosi siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil rata-rata skor skala regulasi emosi pada saat pra tindakan sebesar 69,69, pada siklus I meningkat menjadi 91,60, dan pada siklus II meningkat menjadi 106,67. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru diantaranya: siswa terlibat aktif dalam kegiatan pemberian tindakan, siswa mampu mengenal emosi, dan tidak malu untuk tampil di depan umum. Selain itu, hasil wawancara menyatakan bahwa siswa lebih memahami emosi yang dirasakannya, mengetahui strategi dalam mengurangi emosi negatif, mampu merespon dengan emosi yang tepat, dan mampu menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan emosi. Kata kunci: regulasi emosi, expressive writing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 12 Apr 2018 09:12
Last Modified: 30 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56599

Actions (login required)

View Item View Item