PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN SMK YPKK 2 SLEMAN

Nano Ratno Panca Pamungkas, Nano (2018) PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN SMK YPKK 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Nano_12104244044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kematangan karir melalui layanan bimbingan kelompok teknik homeroom pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK YPKK 2 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kela X Pemasaran berjumlah 15 siswa. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive, dengan kriteria siswa yang masuk kategori rendah dan sedang pada hasil pre-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kematangan karier, observasi dan wawancara. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus yang terdiri dari 3 (tiga) tindakan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dapat meningkatkan kematangan karir siswa. Dilihat dari hasil data kuantitatif rata-rata skor pre-test yaitu 132,5 dan meningkat sebanyak 19,7 poin atau 8,4% pada post-test I menjadi 152,2. Selanjutnya rata-rata skor siswa meningkat lagi sebesar 29,5 atau 19,4% sehingga didapatkan skor rata-rata pada post-test II sebesar 181,7. Secara keseluruhan peningkatan terjadi sebesar 49,2 atau 20,9%. Hasil tersebut juga didukung oleh hasil observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru pembimbing. Peningkatan ini terjadi karena dalam bimbingan kelompok teknik homeroom terdapat dinamika kelompok yang dinamis dan kedekatan interpersonal yang baik pada setiap anggota. Siswa saling membantu dalam memecahkan masalah. Kata Kunci : kematangan karir, bimbingan kelompok, homeroom

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 12 Apr 2018 08:31
Last Modified: 30 Jan 2019 16:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56594

Actions (login required)

View Item View Item