PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE SOCRATES PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK GAMBAR DAN BANGUNAN 3 DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Bias Rizkia Pertiwi, Bias (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE SOCRATES PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK GAMBAR DAN BANGUNAN 3 DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_BIAS RIZKIA PERTIWI_13104241039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode Socrates pada siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar dan Bangunan 3 di SMK N 2 Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas X Jurusan TGB 3 di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui dua siklus penelitian tindakan dan dengan dua kali tindakan setiap siklusnya. Alat pengumpul data utama adalah skala dan alat pengumpul data pendukung berupa observasi dan wawancara. Dengan bantuan SPSS For Windows seri 21.0 diperoleh nilai reliabilitas Alpha Cronbach (α) sebesar 0,940 yang berarti tinggi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan rumus rata-rata (Mean) dengan teknik tabulasi data secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Socrates dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil rata-rata skor skala kemampuan berpikir kritis pada saat pra tindakan sebesar 49,2%, pada siklus I meningkat menjadi 71,4% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,7%. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan hasil yang positif, siswa dapat lebih aktif dalam mengajukan pertanyaan maupun mengungkapkan pendapatnya dalam mengembangkan kemampuan berpikirnya kritisnya. Kata kunci: metode Socrates, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 12 Apr 2018 02:26
Last Modified: 30 Jan 2019 16:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56572

Actions (login required)

View Item View Item