LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Imam Budi Prasetyo, Imam Budi Prasetyo (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Imam Budi Prasetyo_14103241005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Salah satu pelaksanaan program PLT dilaksanakan di SLB A Yaketunis yang dimulai pada tanggal 15 September 2017 sampai tanggal 15 November 2017. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam pelaksanaan praktek mengajar siswa tunanetra, dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengelola administrasi sekolah, penyusuan RPP, serta pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Kegiatan PLT yang dilaksanakan di SLB A YAKETUNIS dapat dikelompokan menjadi 2 kegiatan yakni kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan kurikuler terdiri dari praktik mengajar yang dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dengan sistem mata pelajaran dan kegiatan menggantikan guru mengajar di kelas. Kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari kegiatan upacara bendera hari Senin, upacara bendera peringatan hari Kesaktian Pancasila, upacara bendera peringatan hari Pahlawan, apel pagi, lomba peringatan hari Pahlawan, ekstrakulikuler catur, dan kerja bakti. Kegiatan lainnya yang dilaksanakan adalah kegiatan insidental yang terdiri dari menggantikan guru untuk mengajar, pendampingan sosialisasi program kerja OSIS, kegiatan PRB, pendampingan kegiatan kunjungan dari lembaga sekolah lain, pendampingan olahraga siswa, dan diminta bantuan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT memiliki peranan yang penting untuk mahasiswa kependidikan. Mahasiswa mampu memperoleh pengalaman nyata dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah dan memberikan pengalaman berinteraksi dan bersosialisasi dengan warga sekolah yang terdiri dari guru, karyawan, orang tua, dan siswa. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan media yang ada, pemanfaatan waktu mengajar, dan pengkondisian siswa pada saat kegiatan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Siswa Tunanetra, SLB A YAKETUNIS.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Apr 2018 01:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56568

Actions (login required)

View Item View Item