LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dlia Urrohman Amrulloh Al Islami, Dlia Urrohman Amrulloh Al Islami (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14108241162_DLIA URROHMAN AMRULLOH A.I._PGSD_PSD_FIP_SD N TUKANGAN (A034).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) atau yang biasa disebut Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu program yang dilaksanakan dalam bentuk praktik pembelajaran dan pengelolaan sekolah secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi profesi guru. PLT merupakan bagian yang integral dari keseluruhan kurikulum, dan merupakan muara dari seluruh kegiatan akademik bidang kependidikan. Kegiatan tersebut berfungsi untuk mengorganisasi, mengkoordinasi dan mengembangkan penyelenggaraan program praktik kependidikan dan keguruan. Selain itu, kegiatan PLT juga dimaksudkan untuk memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, memahami seluk-beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PLT yang dilaksanakan di SD Negeri Tukangan yang beralamat di Jl. Suryopranoto No. 59, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali, mengajar mandiri sebanyak 4 kali dan ujian praktik sebanyak 2 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PLT meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, praktik pengajaran mikro, observasi lingkungan, observasi kelas, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian. Kegiatan selain praktik mengajar, juga dilakukan kegiatan non mengajar. Kegiatan tersebut antara lain seperti pendampingan belajar, pengadaan lapangan permainan tradisional, perlombaan menyambut Hari Pahlawan, HUT Kota Yogyakarta, dls. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Di luar kendala tersebut, ada banyak kemudahan dan manfaat yang kita peroleh berdasarkan pelaksanaan PLT di SD N Tukangan yang berjalan lancar. Manfaat tersebut antara lain, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calonpendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, memberikan kesempatan kepadamahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yangterkait dengan proses pembelajaran maupun administrasi sekolah, memberikankesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan,keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata disekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah terkait, yaitu SD N Tukangan. Melalui kegiatan PLT dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam pembelajaran di sekolah. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SD N Tukangan, Praktek Mengajar, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Apr 2018 00:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56565

Actions (login required)

View Item View Item