STUDI KOMPARASI SELF-CONCEPT SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KARATE DI SEKOLAH DASAR WILAYAH KABUPATEN SLEMAN

Fortuna Widiastuti Handayani, Fortuna (2018) STUDI KOMPARASI SELF-CONCEPT SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KARATE DI SEKOLAH DASAR WILAYAH KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fortuna Widiastuti Handayani_13104241047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari adanya stereotip bahwa bela diri karate hanya cocok bagi anak laki-laki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan self-concept siswa laki-laki dan perempuan yang mengikuti ekstrakurikuler karate di sekolah dasar wilayah Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini merupakan siswa sekolah dasar yang menjadi anggota ekstrakurikuler karate dari perguruan Lemkari (Lembaga Karate-do Indonesia) di wilayah Kabupaten Sleman. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 73 siswa dari 7 sekolah dasar di mana seluruh populasi merupakan subyek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konsep diri. Uji validitas menggunakan validitas isi melalui expert judgement dan korelasi product moment untuk melihat konsistensi item-total. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan koefisien alpha 0,866. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik independent t-test. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa tidak terdapat perbedaan konsep diri yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan yang mengikuti ekstrakurikuler karate di sekolah dasar wilayah Kabupaten Sleman. Selain itu ditemukan pula bahwa rata-rata hitung self-concept siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki; serta self-concept sebagian besar siswa masuk dalam kategori tinggi (64,38%) dan sisanya sebanyak 35,62% dalam kategori sedang. Kata kunci: konsep diri, ekstrakurikuler, karate, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:25
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56564

Actions (login required)

View Item View Item