HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL TIM INTI DEWAN PENGGALANG SMP N 1 BANSARI

Rita Endah Saraswati, Rita (2018) HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL TIM INTI DEWAN PENGGALANG SMP N 1 BANSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_Rita Endah Saraswati_NIM 13104241058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi ekstrakurikuler pramuka, tingkat keterampilan sosial dan hubungan antara partisipasi ekstrakurikuler pramuka dengan keterampilan sosial tim inti dewan penggalang SMP N 1 Bansari. Penelitian dilaksanakan pada Febuari sampai April 2017. subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa, metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi, instrumen pengambilan data menggunakan skala sikap dengan uji expert judgement dan validitas konstruk, hasil uji validitas menyatakan jumlah butir item valid pada variabel partisipasi ekstrakurikuler pramuka sejumlah 29 butir item dan variabel keterampilan sosial sejumlah 39 item, reliabilitas menggunakan rumus Alpha cronbach dengan hasil 0,963 pada variabel partisipasi ekstrakurikuler pramuka dan 0,961 pada variabel keterampilan sosial. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan tekhnik analisis korelasi product moment dari Karl Pearson dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel partisipasi ekstrakurikuler pramuka berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 76,6 % ,pada variabel keterampilan sosial berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 80%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara partisipasi ekstrakurikuler pramuka dengan keterampilan sosial tim inti dewan penggalang SMP N 1 Bansari yang dilihat dari nilai r_(hitung ) lebih besar nilai 〖r 〗_tabel yaitu 0,637 > 0,361 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,00 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi partisipasi siswa dalam ektrakurikuler pramuka semakin tinggi keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: partisipasi ekstrakurikuler pramuka, keterampilan sosial
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56563

Actions (login required)

View Item View Item