PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR

Abdurrahman Haqiqi, Abdurrahman (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kurangnya layanan bimbingan dan konseling yang diberikan pada siswa. Oleh karena itu penelitian bertujuan mengembangkan media permainan ular tangga untuk layanan bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model yang diadaptasi dari Borg dan Gall (1989) melalui 10 tahapan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Minggir yang berjumlah 31 siswa. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Validasi penelitian melibatkan 1 dosen ahli media dan 1 dosen ahli materi. Uji coba produk dilaksanakan melalui 3 tahap uji coba yakni awal, utama dan operasional. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media permainan ular tangga memperoleh penilaian ahli media dengan skor 100%. Penilaian ahli materi dengan skor 88%. Penilaian praktisi BK dengan skor 97,22%. Uji coba lapangan yang dilaksanakan meliputi : (1) Uji coba lapangan awal menunjukan hasil penilaian produk dengan skor 90,34%. (2) Uji coba lapangan utama menunjukan hasil penilaian produk dengan skor 96,30%. (3) Uji coba lapangan operasional menunjukan hasil penilaian produk dengan skor 97,87%. Dengan demikian media permainan ular tangga layak untuk digunakan sebagai media layanan bimbingan dan konseling bagi siswa kelas VII di SMP. Kata kunci: media permainan ular tangga, layanan bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:12
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56562

Actions (login required)

View Item View Item