PENGARUH PERMAINAN SEPAKBOLA MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 DEPOK

Dewi, Wahyu Arum Kusuma (2018) PENGARUH PERMAINAN SEPAKBOLA MODIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Wahyu Arum Kusuma Dewi_14601241040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan sepakbola modifikasi terhadap peningkatan kerjasama peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Depok yang terdiri dari 128 peserta didik dari 4 kelas yang berbeda. Pada penelitan ini, peneliti menggunakan 32 peserta didik dari kelas VIII A sebagai sampel, dimana teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket kerjasama. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan sepakbola modifikasi terhadap kerjasama peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Depok. Dengan nilai t hitung sebesar 24,710 > 2,04 (t-tabel), sehingga Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest (153,50 > 139,41). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan sepakbola modifikasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani memberikan pengaruh terhadap peningkatan kerjasama peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Depok dengan peningkatan sebesar 10,11%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: permainan sepakbola modifikasi, kerjasama
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:11
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56561

Actions (login required)

View Item View Item