Efektivitas Model Konseling Sequentially Planned Integrative Counselling for Children untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Anak Usia Dini di TK Al I’dad An Nuur

Filastri Kurniasari, Filastri (2018) Efektivitas Model Konseling Sequentially Planned Integrative Counselling for Children untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Anak Usia Dini di TK Al I’dad An Nuur. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Filastri Kurniasari_NIM 13104241040 - Copy - Copy.docx 2013 - Copy.compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstract Model konseling Sequentially Planned Integrative Counselling for Children sudah terbukti efektif untuk menangani beberapa masalah, namun belum ada penelitian mengenai efektivitas model konseling tersebut terhadap kemampuan komunikasi interpersonal anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model konseling SPICC dalam meningkatkan komunikasi interpersonal anak usia dini di TK Al I’dad An Nuur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa TK Al I’dad An Nuur yang memiliki kesulitan komunikasi interpersonal sebanyak tiga orang. Subyek dipilih secara non-random, kemudian subyek diberi pre-test dan post-test untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi interpersonal anak. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan uji hipotesis. Analisis hipotesis menggunakan uji beda Wilcoxon melalui program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model konseling SPICC efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan antara pre-test dan post-test pada taraf signifinkansi 5% dengan hasil Exact Sig. (1-tailed) 0.00<a=5% dan ada peningkatan rata-rata rangking pre-test dan post-test dari 0.00 menjadi 13.25 pada keempat aspek komunikasi interpersonal. Hal ini berarti model konseling SPICC efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal anak usia dini. Kata Kunci: Model konseling spicc, komunikasi interpersonal anak usia dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 11 Apr 2018 07:46
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56559

Actions (login required)

View Item View Item