HUBUNGAN ANTARA SELF ACCEPTANCE DAN SELF EFFICACY DENGAN KONFORMITAS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Dewi Larasati, Dewi (2018) HUBUNGAN ANTARA SELF ACCEPTANCE DAN SELF EFFICACY DENGAN KONFORMITAS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
DEWI LARASATI_13104244012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1)self acceptance dengan konformitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta, (2) self efficacy dengan konformitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta, (3)self acceptance dan self efficacy dengan konformitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, diambil dengan teknik proporsional random sampling, sebanyak 124 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner instrumen penelitian, yaitu skala self acceptance, skala self efficacy, dan skala konformitas. Uji validitas menggunakan validitas isi dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat hubungan negatif antara self acceptance dengan konformitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) terdapat hubungan negatif antara self efficacy dengan konformitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan dengan nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 ; (3) terdapat hubungan negatif antara self acceptance dan self efficacy dengan konformitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan dimana nilai signifikansi sebesar Sig. F Change = 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai R= -0,611 yang menandakan bahwa hubungan bersifat negatif. Hal tersebut berarti semakin rendah self acceptance dan self efficacy siswa maka semakin tinggi konformitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta, sebaliknya semakin tinggi self acceptance dan self efficacy siswa maka semakin rendah konformitas pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalasan Sleman Yogyakarta. Kata Kunci: self acceptance, self efficacy, dan konformitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 11 Apr 2018 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56558

Actions (login required)

View Item View Item