EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING SIMBOLIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KALASAN

Mei Rosita Sari, Mei (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING SIMBOLIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_13104244013_Mei Rosita Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik modeling simbolis dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan yang berjumlah 192 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive random sampling dan didapat sampel sebanyak 64 siswa, yang teridiri dari 32 siswa kelas VII D sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Alat pengumpul data utama berupa skala keterampilan komunikasi interpersonal, sedangkan alat pengumpul data tambahan berupa lembar self report dan observasi. Penelitian ini memberi perlakuan berupa teknik modeling simbolis untuk kelompok eksperimen dan bimbingan klasikal seperti biasa untuk kelompok kontrol. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t independent sample t-test dan paired sample t-test melalui aplikasi SPSS for Windows 15.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat keterampilan komunikasi interpersonal kelompok eksperimen yaitu 152,5000 pada pretest, dan 172,9688 pada posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,014 < 0,05 pada pretest dan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 pada posttest. Pengujian tersebut berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan pada uji t paired sample t-test diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,005 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik modeling simbolis efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan. Kata kunci: keterampilan komunikasi interpersonal, teknik modeling simbolis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 11 Apr 2018 07:32
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56556

Actions (login required)

View Item View Item