PENDIDIKAN NILAI HUMANIS DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA

Hanif Choirul Ichsan, Hanif (2018) PENDIDIKAN NILAI HUMANIS DI PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Hanif Choirul Ichsan_13102244012_0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Proses pendidikan nilai humanis,(2) faktor pendukung dan penghambat dalam proses pendidikan nilai humanis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang diarahkan untuk memahami perilaku, persepsi, motivasi dan tindakan secara holistik dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Subjek penelitian ini yaitu: pengelola pondok pesantren, pengasuh/pendidik, dan santri pondok pesantren Wahid Hasyim. Objek penelitian ini meliputi: proses pendidikan yang dilakukan pengasuh dalam menanamkan nilai humanis di pondok pesantren Wahid Hasyim. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dadalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan:(1)Proses Pendidikan nilai humanis di Pondok pesantren Wahid Hasyim menggunakan metode pembelajaran, kurikulum pendidikan, evaluasi.(2) Nilai humanis yang ditanamkan terhadap santri yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, tanggung jawab, sabar, dan rendah hati. (3) Faktor pendukung proses pendidikan nilai humanis adalah fasilitas lengkap, lingkungan yang nyaman untuk proses pendidikan serta kemampuan pendidik dalam pembelajaran nilai humanis, sedangkan faktor penghambat dalam proses pendidikan nilai humanis adalah asal mula anak yang belum memperhatikan nilai humanis karena anak hidup di lingkungan yang berbeda. (4) Cara mengatasi hambatan yang ada di pondok pesantren tersebut adalah pihak pondok pesantren bekerja sama dengan bimbingan konseling. Rekomendasi untuk Pondok Pesantren Wahid Hasyim adalah penambahan tenaga pendidik untuk peningkatan proses pendidikan nilai humanis. Kata kunci: Pendidikan, Nilai humanis, Pondok pesantren

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 11 Apr 2018 06:49
Last Modified: 30 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56551

Actions (login required)

View Item View Item