LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Rahayu, Tuti Septi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14108241159_TUTI SEPTI RAHAYU_PGSD_PSD_FIP_SD N TUKANGAN (A034).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) atau yang biasa disebut Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu program yang dilaksanakan dalam bentuk praktik pembelajaran dan pengelolaan sekolah secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi guru. PLT terintegrasi dalam mata kuliah Magang Kependidikan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa. Kegiatan PLT juga bertujuann untuk memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, memahami seluk-beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. PLT dilaksanakan di SD negeri Tukangan padal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Pelaksanaan PLT diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi sekolah. Setelah diadakan observasi maka dapat disusun program kerja yang berkaitan dengan siswa maupun sekolah itu sendiri. Dalam pelaksanaannya tidak lepas dari beberapa hambatan yang dialami oleh mahasiswa terkait siswa, mahasiswa, dan sekolah. Dalam Proses pelaksanaannya mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajar sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran maupun administrasi sekolah, dan untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, dan diperkuliahan serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah.. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai guru

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SD N Tukangan, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56537

Actions (login required)

View Item View Item