LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Astri Dewi Kinarsih, Astri Dewi Kinarsih (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14108241112_ASTRI DEWI KINARSIH_PGSD_PSD_FIP_SD N TUKANGAN (A034).pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) yang diadakan di SD Negeri Tukangan berlangsung mulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan tanggal 15 November 2017. Adanya kegiatan PLT diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengalaman belajar terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas ilmu, wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan keterampilan dalam pemecahan masalah. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan PLT sudah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PLT ada dua jenis, yaitu program mengajar dan program non mengajar. Program mengajar terdiri atas empat kali praktek mengajar terbimbing, empat kali praktek mengajar mandiri dan dua kali ujian praktek mengajar. Masing-masing jenis praktek tersebut dilaksanakan di kelas rendah dan kelas tinggi. Program non mengajar antara lain observasi, menyusun matrik program PLT, persiapan dan evaluasi program, program semester, silabus, input data guru, kegiatan kepramukaan, pendampingan PTS, pendampingan ekstrakurikuler, sloganisasi, media tangga ukuran, mading kepahlawanan, lomba kebersihan kelas, lapangan permainan tradisional, upacara bendera, doa bersama, pengajian tahun baru hijriah, peringatan HUT Kota Yogyakarta, kegiatan perkemahan, pesta siaga, peringatan hari pahlawan, pengajian rutin Minggu Pon, mengajar insidental dan penyusunan laporan PLT. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan PLT di SD Negeri Tukangan, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi di bidang pendidikan, menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang telah di pelajari di bangku kuliah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang bersangkutan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Praktek Mengajar, Sekolah Dasar, SD Negeri Tukangan, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56534

Actions (login required)

View Item View Item