STUDI KOMPARASI PRODUKTIVITAS LIPID Chlorella pyrenoidosa PADA MEDIA LIMBAH CAIR RUMAH POTONG AYAM DENGAN KONDISI KULTUR FOTOAUTOTROF DAN MIKSOTROF

Pradana, Bima Gana (2017) STUDI KOMPARASI PRODUKTIVITAS LIPID Chlorella pyrenoidosa PADA MEDIA LIMBAH CAIR RUMAH POTONG AYAM DENGAN KONDISI KULTUR FOTOAUTOTROF DAN MIKSOTROF. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB II)
Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase lipid dari Chlorella pyrenoidosa yang dikultur dalam media limbah cair rumah potong ayam (RPA) dengan kondisi miksotrof dan fotoautotrof serta mengetahui kondisi kultur efektif untuk menghasilkan kandungan lipid optimal dalam sel Chlorella pyrenoidosa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua variabel yaitu 2 jenis kondisi kultur dan 1 jenis media pertumbuhan yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan di Unit pengelolaan tanaman dan Laboratorium Mikrobiologi FMIPA UNY selama 2 bulan mulai tanggal 1 Mei – 30 Juni 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kultur Chlorella pyrenoidosa yang dikultur dalam media limbah cair rumah potong ayam (RPA). Sampel kemudian diberi perlakuan berupa perbedaan kondsi kultur yaitu kondisi kultur fotoautotrof dan miksotrof. Kultur Chlorella pyrenoidosa yang di ambil sampel lipidnya adalah kultur yang sudah mencapai fase stasioner. Pengukuran presentase lipid dilakukan dengan metode Blight dryer sedangkan penentuan laju pertumbuhan dilihat menggunakan Spektrofotometer UV-Vis dengan panjang gelombang 680 nm dan penghitungan langsung dengan menggunakan mikroskop. Hasil penelitian menunjukkan lipid yang dihasilkan dengan kondisi kultur miksotrof menghasilkan presentase yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kondisi kultur fotoautotrof. Presentase lipid yang dihasilkan dengan kondisi miksotrof sebesar 23,511±22.9677 sedangkan resentase lipid yang dihasilkan dengan kondisi fotoautotrof sebesar 10,653±10.7429. Nilai produktivitas pada Chlorella pyrenoidosa yang dikultur dengan kondisi miksotrof sebesar 4,369±0,55592ᵇ, sedangkan nilai laju pertmbuhan pada kondisi kultur fotoautotrof sebesar 4,478±0,06255.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: miksotrof, fotoautotrof, dan Chlorella pyrenoidosa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56531

Actions (login required)

View Item View Item