EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP N 4 WATES PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Nurkhaffah, Pony Salimah and Mahmudi, Ali (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP N 4 WATES PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Pemecahan Masalah Model Polya serta perbedaan keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa SMP N 4 Wates pada materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan randomized two-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates, Kulon Progo dan sampel dipilih dua kelas secara acak dari lima kelas yang ada yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen (pembelajaran CTL model Polya) dan VII D sebagai kelas kontrol (pembelajaran dengan pendekatan saintifik). Setiap kelas terdiri atas 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan kepada siswa sebelum dan setelah pemberian perlakuan. Pengujian keefektifan pendekatan dianalisis menggunakan uji one sample t-test. Untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif digunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan pendekatan CTL efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah; dan (2) pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata kelas CTL adalah 84,25 dengan persentase kelulusan 87,50% dan kelas saintifik adalah 73,25 dengan persentase kelulusan 59,38%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), model Polya, kemampuan pemecahan masalah, SMP Negeri 4 Wates, segiempat dan segitiga.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 16:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56498

Actions (login required)

View Item View Item