PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR OLEH RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO YOGYAKARTA

Yudistira Spala Yuda, Yuda (2018) PEMBERDAYAAN ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR OLEH RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Yudistira Spala Yuda_12102244028_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Kondisi pemberdayaan anak jalanan saat ini melalui program bimbingan belajar di RSB. 2) Perencanaan pemberdayaan melalui program bimbingan belajar. 3) Pelaksanaan pemberdayaan melalui program bimbingan belajar. 4) Hasil pemberdayaan melalui program bimbingan belajar. 5) Faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat program bimbingan belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dimaksud untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan dan posisi saat ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Kondisi pemberdayaan anak jalanan saat ini melalui program bimbingan belajar : Program bimbingan belajar yang berjalan, bertambahnya partisipasi anak, mengalami kemunduran yaitu kurangnya jumlah tutor yang ada. 2) Perencanaan program; latar belakang program; dikarenakan anak-anak kurang memiliki waktu untuk belajar, tujuan program bimbingan belajar; menambah wawasan pengetahuan anak, mengurangi waktu anak untuk berada dijalanan. Perekrutan tutor; tidak secara formal. Strategi pembelajaran; menyesuaikan kebutuhan anak 3) Pelaksanaan program; adanya interaksi antara tutor dan anak. Partisipasi minat anak sangat tinggi mengikuti bimbingan belajar. Sarana dan prasana yang masih kurang lengkap. 4) Hasil program bimbinngan belajar : dikarenakan anak-anak mengenyam pendidikan formal, terselesainya PR, bertambahnya motivasi untuk belajar, berkurangnya jam anak turun kejalan. 5) Faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat program bimbingan belajar : sebagai faktor pendukung yaitu dukungan dari orang tua peserta didik, lingkungan sekitar tempat pelaksanaan program bimbingan belajar, tutor yang penyabar, partisipasi antusias peserta didik yang sangat baik. Faktor penghambat program bimbingan belajar yaitu kurangnya jumlah tutor pengampu program bimbingan belajar, kurangnya media pembelajaran, sarana prasarana yang kurang memadai anak-anak yang datang tidak tepat waktu. Kata kunci :Pemberdayaan, anak jalanan, bimbingan belajar,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 16:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56488

Actions (login required)

View Item View Item