PENGARUH BERMAIN MELEMPAR SHUTTLECOCK TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN SMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Wijaya, Indiana Surya (2018) PENGARUH BERMAIN MELEMPAR SHUTTLECOCK TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN SMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Indi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pukulan smash peserta ekstrakurikuler yang kurang akurat serta belum ada latihan yang variasi bermaterikan smash. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain melempar shuttlecock terhadap peningkatan ketepatan smash peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen one group pretest-posttest design dengan treament sebanyak 12 kali pertemuan. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMA Negeri 4 Yogyakarta sebanyak 21 siswa. Teknik sampling diambil menggunakan purposive sampling, dengan kriteria sampel adalah : (1) Daftar hadir siswa, (2) Bersedia mengikuti treatment, (3) Siswa yang menjadi peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMA Negeri 4 Yogyakarta. Dari kriteria tersebut yang memenuhi syarat menjadi 21 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pukulan smash adalah tes kemampuan ketepatan pukulan smash oleh Saleh Anasir (2010:28) dengan validitas 0,926 dan criterion round robin tournament dan reliabilitas 0,97 dari test-retest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, telah diuji normalitas dan homogenitas, setelah itu membandingkan hasil pre-test dengan hasil posttest. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh nilai t hitung 8,135 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai rerata hasil penelitian pre-test atau awal sebesar 37,19 sedangkan penelitian posttest naik menjadi 43,38 sehingga perbedaan nilai rata-rata yaitu sebesar 6,19, dengan kenaikan persentase sebesar 16,65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, adanya pengaruh yang signifikan dalam bermain melempar shuttlecock terhadap peningkatan ketepatan smash peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMA Negeri 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bermain, smash, melempar shuttlecock
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:08
Last Modified: 30 Jan 2019 16:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56482

Actions (login required)

View Item View Item