LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Ratna Suminar, Diyan Ayu (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT 14108241064 DIYAN AYU RATNA SUMINAR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Program PLT Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan pada 15 September sampai 17 November 2017. Pelaksanaan PLT tahun 2017 ini memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan sesuai bidang studi masing-masing. Mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah didapat dalam bidang pendidikan ke lokasi PLT. Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan kepribadian, profesionalisme, pedagogi, dan sosial dalam pelaksanaan PLT. Bekal tersebut yang kelak akan digunakan sebagai seorang guru. SD Negeri Jlaban merupakan salah satu sekolah dasar yang ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan PLT pada tahun 2017. Program PLT ini terbagi menjadi dua yaitu program mengajar dan non mengajar. Program mengajar meliputi 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, dan 2 kali ujian mengajar. Praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian dilaksanakan di kelas rendah dan kelas tinggi. Program PLT memiliki beberapa tahapan seperti persiapan, pelaksanaan, analisis hasil. Tahap persiapan meliputi pembekalan, praktik pengajaran mikro, observasi lapangan dan pembelajaran, serta membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis yaitu menganalisis hasil pelaksanaan selama PLT. Kegiatan non mengajar meliputi: pendampingan pramuka, senam angguk, lomba gobak sodor dan bakiyak, pengelolaan perpustakaan, outbound, pembuatan teks lagu daerah dan lagu nasional, perawatan mushola, inventarisasi sekolah, kerajinan barang bekas, taman obat dan hias, mural perpustakaan SD N Jlaban, perpisahan dan penarikan PLT. Berdasarkan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PLT), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat mengembangkan kemampuan setiap mahasiswa kependidikan dalam kemampuan kepribadian, profesionalisme, pedagogi, dan sosialnya. Mahasiswa semakin memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam praktik mengajar di sekolah. Mahasiswa dapat emnerapkan ilmu yang dimiiki dan meningkatkan hubungan yang baik antara pihak sekolah dan UNY.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT,, SDN Jlaban
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56471

Actions (login required)

View Item View Item