PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Chrysnawati, Esty Hardian (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN ESTY.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa SMA N 1 Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Pretest Postest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA N 1 Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan jumlah 47 siswa dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengukur kemampuan kerjasama siswa, sedangkan teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif melalui soal pretest dan postest. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANNOVA dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembeljaran STAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kerjasama siswa, yang ditunjukkan dengan nilai sigifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 2) Model pembelajaran STAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikasi 0,001 lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05. Artinya terdapat pengaruh postitif dengan penerapan model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar. 3) Kemampuan kerjasama berkorelasi positif dengan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan uji korelasi dimana r tabel (0,413) < r hitung (0,499) yang artinya bahwa kedua variabel memiliki hubungan korelasi sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Kemampuan Kerjasama, STAD
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 16:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56470

Actions (login required)

View Item View Item