IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA MAGANG JURUSAN GEOLOGI PERTAMBANGAN SMK NEGERI 2 DEPOK TAHUN 2016/2017

Aulia Diah Pratiwi, Aulia (2018) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA MAGANG JURUSAN GEOLOGI PERTAMBANGAN SMK NEGERI 2 DEPOK TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_AULIA DIAH PRATIWI_13104241060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan penyesuaian diri siswa magang di perantauan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripstif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian adalah siswa kelas XIII Jurusan Geologi Pertambangan SMK Negeri 2 Depok tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 63 siswa. Metode pengambilan data dengan menggunakan instrumen skala sikap pada variabel kemampuan penyesuaian diri. Validitas instrumen diukur dengan analisis Product Momen Pearson Correlation didapatkan angka validitas berkisar antara 0.271 hingga 0.601. Reliabilitas instrumen diukur dengan analisis Alpha Cronbach’s didapatkan koefisien reliabilitas sebesar 0.852. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penyesuaian diri siswa magang jurusan geologi pertambangan SMK Negeri 2 Depok termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 23 siswa (36.50%), kategori baik sebanyak 28 siswa (44.44%), kategori cukup baik sebanyak 10 siswa (10.88%) dan kategori kurang baik sebanyak 2 siswa (3.88%). Dengan demikian, siswa magang jurusan geologi pertambangan SMK Negeri 2 Depok tahun 2016/2017 sebagian besar mampu menyesuaikan diri di perantauan dengan baik. Kata kunci : kemampuan penyesuaian diri, magang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 16:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56461

Actions (login required)

View Item View Item