Evi Nur Aini, Evi (2018) PENGARUH REGULASI EMOSI TERHADAP KEMATANGAN SOSIAL PADA MAHASISWA DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
EVI NUR AINI_12104241081.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi emosi terhadap kematangan sosial pada mahasiswa di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian hubungan kausal. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 167 mahasiswa. Alat pengumpul data berupa skala regulasi emosi dan kematangan sosial. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan uji expert judgment. Uji reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana pada uji hipotesis dengan nilai signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikansi antara regulasi emosi terhadap kematangan sosial pada mahasiswa dengan sumbangan efektif sebesar 41,4%, (2) regulasi emosi mayoritas pada kategori sedang yaitu 139 mahasiswa (83,2%), dan (3) kematangan sosial mayoritas pada kategori sedang yaitu 97 mahasiswa (58,1%). Persamaan garis regresinya adalah Y = 42,27 + 0,792X. Kesimpulan penelitian ini adalah regulasi emosi dapat memprediksi kematangan sosial pada mahasiswa dan mayoritas regulasi emosi maupun kematangan sosial mahasiswa di Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta terkategori sedang. Kata kunci: regulasi emosi, kematangan sosial
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 05 Apr 2018 02:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56454 |
Actions (login required)
View Item |