UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS II SDN GOLO YOGYAKARTA

Zuhara, Nafisa Risma (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS II SDN GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nafisa Risma Zuhara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas II SDN Golo Yogyakarta materi Pecahan semester II tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri Golo Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah minimal 90% dari total keseluruhan siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75 dan persentase aktivitas siswa mencapai 75% kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatanRME dapat meningkatkan hasil belajar matematika ranah afektif dan kognitif siswa kelas II SD Negeri Golo Yogyakarta. Pada pratindakan siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 8 siswa (33,33%). Siklus I siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 20 siswa (83,33%) dan persentase aktivitas siswa mencapai 77,43% kategori baik. Pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 23 siswa (95,83%) dan persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 83,45% kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar pratindakan ke siklus I sebesar 50%. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 12,5%. Kata kunci: hasil belajar matematika, pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 16:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56452

Actions (login required)

View Item View Item