TANGGAPAN PESERTA DIDIK SMP N 3 SLEMAN TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW PADA PERMAINAN BOLA BESAR

Pujiasri, Destiana (2018) TANGGAPAN PESERTA DIDIK SMP N 3 SLEMAN TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW PADA PERMAINAN BOLA BESAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Destiana Pujiasri_14601241045.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan di SMP N 3 Sleman dengan teknik jigsaw belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat tanggapan peserta didik SMP N 3 Sleman terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw pada permainan bola besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas 8 SMP N 3 Sleman yang berjumlah 175 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala psikologi yang diberikan kepada peserta didik kelas 8 di kelas sebelum olahraga dimulai. Instrumen yang digunakan adalah skala psikologi. Validitas instrumen menggunakan SPSS 16 dengan hasil butir soal yang valid 34 dari 35 butir pernyataan. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,845 sehingga instrumen yang berisi butir-butir pernyataan tersebut reliabel. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan peserta didik SMP N 3 Sleman terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw pada permainan bola besar yang berkategori sangat baik 14 orang atau 8,00%, baik 140 orang atau 80%, cukup baik 21 orang atau 12,00%, tidak baik 0 orang atau 0% dan sangat tidak baik 0 orang atau 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tanggapan, model pembelajaran, penjasorkes
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Apr 2018 08:57
Last Modified: 30 Jan 2019 16:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56442

Actions (login required)

View Item View Item