IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER JUJUR MELALUI PROGRAM KANTIN KEJUJURAN DI SDN BANYUBENING I GUNUNGKIDUL

Subekti, Fadzilah Dewi (2018) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER JUJUR MELALUI PROGRAM KANTIN KEJUJURAN DI SDN BANYUBENING I GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Fadzilah Dewi Subekti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi nilai karakter jujur melalui program kantin kejujuran di SDN Banyubening I Gunungkidul yang belum pernah diungkap sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter jujur melalui program kantin kejujuran di SDN Banyubening I Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sehingga subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penanggung jawab, pengelola kantin kejujuran, dan siswa. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai karakter jujur melalui program kantin kejujuran di SDN Banyubening I Gunungkidul dilaksanakan melalui kegiatan rutin (ketika menghitung dan mencatat jumlah setoran, saat kegiatan jual beli, dan ketika mencatat catatan harian), kegiatan spontan (ketika ada siswa yang lupa membayar), keteladanan (ada guru dan karyawan yang membeli di kantin kejujuran), dan pengondisian (ada banner kantin kejujuran, slogan kejujuran, tempat makanan dan minuman, kotak uang, daftar harga, tata cara pembelian dan tata tertib serta peringatan untuk membayar). Pembiasaan tersebut dilakukan dengan mengajak siswa untuk berperan langsung dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan di kantin kejujuran. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa lebih banyak merupakan tindakan moral karena siswa berperan dalam pengorganisasian kantin kejujuran dan siswa lebih sering melakukan tindakan moral dalam kegiatan jual beli. Keteladanan dapat dilihat dengan adanya guru dan karyawan yang membeli di kantin kejujuran dan melaksanakan proses jual beli seperti siswa. Kata kunci : implementasi, jujur, program kantin kejujuran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Apr 2018 08:30
Last Modified: 30 Jan 2019 16:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56441

Actions (login required)

View Item View Item