TINGKAT PEMAHAMAN KETERAMPILAN DASAR KONSELING PADA GURU BK SMP SE KECAMATAN BANYUMAS

Yeptha Briandana Satyawan, Yeptha (2018) TINGKAT PEMAHAMAN KETERAMPILAN DASAR KONSELING PADA GURU BK SMP SE KECAMATAN BANYUMAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
YEPTHA BRIANDANA SATYAWAN_12104244037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman keterampilan dasar konseling pada guru BK SMP se Kecamatan Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian survei. Subjek penelitian berjumlah 10 orang guru bimbingan dan konseling yang diambil dengan teknik populasi. Metode pengumpulan data menggunakan instrument tes jawaban singkat. Uji validitas dilakukan dengan validitas konstruk serta uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian pemahaman keterampilan dasar konseling menunjukan bahwa (1) 10 dari 14 guru atau sebesar 71,43% guru terdapat 3 guru (30%) pada kategori tinggi, 2 guru (20%) pada kategori sedang, dan 5 guru (50%) pada kategori rendah, (2) dari 15 aspek keterampilan dasar konseling terdapat 7 aspek yang termasuk kedalam kategori rendah yaitu aspek fokus, mengarahkan, genuine, paraphrasing, memimpin, memecahkan masalah, dan menutup. Jadi, tingkat pemahaman keterampilan dasar konseling pada guru BK SMP se Kecamatan Banyumas berada pada kategori rendah. Kata kunci : keterampilan konseling, guru bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Apr 2018 07:37
Last Modified: 30 Jan 2019 16:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56438

Actions (login required)

View Item View Item