EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUAN PhET PADA PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA

Nur Labibah, Ulfaturrona and Jumadi, Jumadi (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUAN PhET PADA PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. Naskah Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui efektivitas model simulasi menggunakan media PhET dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas XI pada materi gelombang mekanik. (2) mengetahui besar sumbangan efektif model pembelajaran simulasi menggunakan media PhET dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Desaign.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester 2 SMA N 1 Prambanan Sleman Tahun Pelajaran 2017/2018 terdiri dari empat kelas. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan cara teknik purposive. Teknik ini digunakan karena kelas diajar oleh guru yang sama hanya terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi keaktifan peserta didik, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Analisis data menggunakan uji GLM-Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model simulasi menggunakan media PhET dalam pembelajaran fisika efektif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas XI pada materi gelombang mekanik. (2) model pembelajaran simulasi menggunakan media PhET dalam pembelajaran fisika memberi sumbangan efektif 41,1% untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan 48,1% untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model simulasi PhET, hasil belajar aspek kognitif, keaktifan, materi gelombang mekanik.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 16:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56436

Actions (login required)

View Item View Item