LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dita May Candrawati, Dita May Candrawati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14601241043_Dita May Candrawati_PJKR.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PLT UNY di SMK Ma’arif 1 Wates merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh PP PLT dan PKL LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat khususnya dunia pendidikan yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PLT UNY di SMK Ma’arif 1 Wates tahun 2017 ini. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMK Ma’arif 1 Wates. Sebelum mahasiswa diterjunkan dilapangan, ada serangkaian persiapan yang dilakukan guna mendukung terlaksananya program kerja PLT, antara lain: observasi, dan pembekalan PLT. Pelaksanaan PLT ini dilakukan dengan mengajar di luar kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Penulis melakukan pengajaran sebanyak 8 kali pertemuan selama seminggu. Kelas yang diajar sebanyak 8 kelas, yaitu kelas XI TSM 2, XI TSM 3, XI TKR 5, XI TKJ 2, XII TKR 1, XII TKR 2, XII TKR 3, dan XII TITPL. Metode yang digunakan dalam pengajaran adalah metode saintifik (scientific method). Selain kegiatan mengajar, penulis juga melakukan beberapa kegiatan non mengajar yaitu melakukaan upacara bendera hari Senin, upacara Kesaktian Pancasila, melakukan piket, menyiapkan soal UAS kelas XII, mengawasi ujian, pendampingan pertandingan bulutangkis, dan mengoreksi hasil UAS. Kendala yang dialami ketika melakukan kegiatan pengajaran antara lain dalam pengelolaan kelas saat beberapa siswa sulit untuk dikondisikan dan waktu pelaksaan pembelajaran. Hasil dan Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PLT antara lain: (1) Menambah pengalaman mahasiswa tentang proses pembelajaran di sekolah, (2) Memperoleh pengalaman dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang di sekolah, (3) Memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajarana di sekolah, dan (4) Kegiatan PLT dapat memberikan kegiatan nyata dari kondisi dan situasi lingkungan yang ada untuk menghadapi lingkungan kerja di masa mendatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan, Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK Ma’arif 1 Wates.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Apr 2018 02:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56389

Actions (login required)

View Item View Item