PERAN PAMONG DALAM MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN KREATIF PADA PROGRAM PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL

Jordy Rizky Adam Pratiksa, Jordy (2018) PERAN PAMONG DALAM MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN KREATIF PADA PROGRAM PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Jordy Rizky Adam Pratiksa_13102241056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peran pamong dalam menyelenggarakan pembelajaran kreatif pada program paket C di SKB Bantul, (2) Metode pembelajaran yang digunakan pamong belajar dalam menyelenggarakan pembelajaran kreatif pada program paket C di SKB Bantul, (3) Hambatan yang dialami oleh pamong belajar dalam menyelenggarakan pembelajaran kreatif pada program paket C di SKB Bantul, (4) Dampak pembelajaran kreatif bagi peserta didik program paket C di SKB Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah pamong belajar program paket C di SKB Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran Pamong Dalam Menyelenggarakan Pembelajaran Kreatif di SKB Bantul masih menggunakan metode pembelajaran yang tradisional, sehingga peserta didik kurang tertarik terhadap pembelajaran yang ada. (2) Metode pembelajaran yang dilakukan pamong belajar dalam kelas adalah metode menerangkan materi kepada warga belajar dengan diselingi beberapa pertanyaan. Media pembelajaran yang digunakan adalah modul. (3) Hambatan yang muncul dalam pembelajaran kreatif pada program paket C di SKB Bantul yaitu hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal meliputi kehadiran peserta didik, kurangnya daya serap peserta didik dalam menerima pelajaran, kurangnya biaya untuk membuat media pembelajaran yang kreatif. Hambatan eksternal meliputi jarak tempuh dan waktu pembelajaran. (4) Terdapat dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif berupa pesera didik jadi memiliki kesiapan untuk melanjutkan ke jenjang kuliah, peserta didik mendapatkan ilmu dan juga mendapatkan ijazah setara dengan ijazah SMA. Sedangkan untuk dampak negatif, sejauh ini belum ditemukan. Kata Kunci: Pamong belajar, Pembelajaran Kreatif, Program Paket C

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 29 Mar 2018 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56374

Actions (login required)

View Item View Item