LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Khanifa, Eva (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
4_Eva Khanifa_14108244027_PGSD_FIP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan keterampilannya dalam pendidikan baik itu dalam mengajar maupun administrasi sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan pada semester gasal dari bulan September sampai November tahun 2017. Tujuan dari Praktik Lapangan Terbimbing adalah untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam mengajar di sekolah atau lembaga guna meningkatkan kompetensi keguruan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari lingkungan dan permasalahan di sekolah atau lembaga terkait serta memungkinkan mahasiswa menerapkan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki di sekolah atau lembaga pendidikan. Sekolah Dasar Negeri Gembongan merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai sekolah yang digunakan untuk PLT tahun 2017. Sekolah Dasar Negeri Gembongan merupakan salah satu SD inti yang berada di Kecamatan Sentolo. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan selama 2 bulan, dimulai pada 15 September sampai 15 November 2017. Mahasiswa melaksanakan kegiatan PLT di sekolah baik kegiatan mengajar maupun non mengajar dari hari Senin hingga hari Jum‘at. Selama 2 bulan di sekolah, mahasiswa melaksanakan kegiatan mengajar dan non-mengajar. Kegiatan mengajar dilakukan minimal 8 kali mengajar di tambah 2 kali ujian. Kegiatan mengajar terbagi menjadi dua yaitu mengajar terbimbing dan mengajar mandiri. Mahasiswa melaksanakan kegiatan mengajar mandiri sebanyak 4 kali dan mengajar terbimbing 4 kali. Sebelum mengajar, mahasiswa menyusun perangkat pembelajaran seperti rencana pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran beserta peralatan mengajar lainnya. Kegiatan non-mengajar berupa membantu administrasi sekolah seperti membantu pembukuan dan pendindingan dan lain sebaginya. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman di sekolah guna mengembangkan kompetensinya sebagai guru, memberikan kesempatan untuk mengenal lingkungan sekolah beserta permasalahan yang terjadi di sekolah baik itu dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran di kelas. Praktik Lapangan Terbimbing juga memberikan kesempatan pada mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SD N Gembongan, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Mar 2018 00:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56368

Actions (login required)

View Item View Item