KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN TANAH LONGSOR DITINJAU DARI PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM

Purwati, Ayu and Sri Retnowati, Rahayu Dwisiwi (2018) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA TERINTEGRASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN TANAH LONGSOR DITINJAU DARI PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU fixed.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui adanya perbedaan peningkatan penguasaan materi fisika Usaha dan Energi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor dan pembelajaran fisika konvensional, (2) mengetahui pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor dan pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari peningkatan penguasaan materi fisika Usaha dan Energi peserta didik, (3) mengetahui adanya perbedaan peningkatan kesiapsiagaan bencana alam antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor dan pembelajaran fisika konvensional, (4) mengetahui pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor dan pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari peningkatan kesiapsiagaan bencana alam peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen jenis control group pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester 1 SMAN I Dlingo Tahun Pelajaran 2017/2018 dan sampel penelitian yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 2. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes, angket kesiapsiagaan, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Teknik analisis data menggunakan Uji GLM-MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan peningkatan penguasaan materi fisika Usaha dan Energi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor dan pembelajaran fisika konvensional, (2) pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor lebih efektif sebesar 20,4% daripada pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari peningkatan penguasaan materi fisika peserta didik, (3) tidak terdapat perbedaan peningkatan kesiapsiagaan bencana alam antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor dan pembelajaran fisika konvensional, (4) pembelajaran fisika terintegrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor sama efektifnya dengan pembelajaran fisika konvensional ditinjau dari peningkatan kesiapsiagaan bencana alam peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Integrasi pendidikan kebencanaan tanah longsor, penguasaan materi, dan kesiapsiagaan bencana tanah longsor, materi pokok usaha dan energi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56365

Actions (login required)

View Item View Item