PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO

Kurniawan, Adjie and Jumadi, Jumadi (2018) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text
skripsiadjielengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media audio visual fisika yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diimplementasikan media audio visual dalam pembelajaran Problem Based Learning di kelas, dan (3) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas yang menggunakan media audio visual dengan kelas konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D menurut Thiagarajan (1974:5). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan media audio visual. Tahap develope dilakukan untuk menghasilkan media audio visual berupa video pembelajaran fisika yang sudah ditelaah dan direvisi berdasarkan komentar dan saran oleh validator ahli dan praktisi. Pada tahap develope juga dilakukan uji lapangan terbatas dan uji lapangan operasional. Produk media audio visual yang dikembangkan diuji coba di SMA N 7 Purworejo dengan melakukan eksperimen. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan media audio visual yaitu kelas X IPA 3 dan kelas kontrol diberi pembelajaran secara konvensional yaitu kelas X IPA 2. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran media audio visual dalam skala yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media audio visual berupa video layak digunakan dalam pembelajaran Problem Based Learning fisika dan memperoleh kategori sangat baik dilihat dari analisis hasil telaah menggunakan SBi dengan rata-rata skor total 4,66 (sangat baik), (2) media audio visual fisika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dilihat dari standar gain dengan rata-rata skor 0,53, (3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik antara kelas media audio visual dengan kelas kontrol berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,042 (<0,05) pada uji-T.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, problem based learning, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56356

Actions (login required)

View Item View Item