PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS MOBILE LEARNING GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI

Jasmin, Ratika Nur and Astono, Juli (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS MOBILE LEARNING GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi pada scientific approach berbasis mobile learning yang layak digunakan sebagai sumber belajar fisika kelas XI; (2) mengetahui pengaruh perangkat pembelajaran berorientasi pada scientific approach berbasis mobile learning sebagai sumber belajar peserta didik terhadap hasil belajar fisika kelas XI dan (3) mengetahui pengaruh perangkat pembelajaran berorientasi pada scientific approach berbasis mobile learning sebagai sumber belajar terhadap minat belajar fisika peserta didik di kelas XI. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian R&D dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan kepada 31 peserta didik kelas XI SMA Negeri I Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada ahli materi, ahli media, guru fisika, dan peer reviewer untuk menilai kelayakan produk serta angket respon peserta didik untuk memberikan masukan mengenai produk yang dikembangkan. Kelayakan produk perangkat pembelajaran dilihat dari skor validasi menggunakan analisis Sbi. Pengadaan pretest dan posttest serta penyebaran angket minat belajar untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dan mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik. Peningkatan minat belajar dan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan standard gain (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pada scientific approach berbasis mobile learning dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli, guru fisika dan peer reviewer serta angket respon peserta didik dengan kategori sangat baik; (2) peningkatan hasil belajar materi fluida dinamis dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,6 atau dalam kategori sedang dan (3) peningkatan minat belajar fisika peserta didik kelas XI dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,28 atau dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: scientific approach, mobile learning, hasil belajar, minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56354

Actions (login required)

View Item View Item