PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MIPA 1 DAN KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 TURI

Nuraini, Fidiyah and Suyoso, Suyoso (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KELAS X MIPA 1 DAN KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 TURI. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FIDIYAH_NURAINI_13302241003.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran langsung terhadap peningkatan motivasi belajar fisika, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament terhadap peningkatan motivasi belajar fisika, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran langsung terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika, (4) mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Game Tournament terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika, (5) menentukan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar fisika, dan (6) menentukan model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design. Subjek penelitian adalah peseta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMAN 1 Turi. Penelitian dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran DI dan TGT. Model pembelajaran DI diterapkan pada kelas eksperimen 1 dengan 26 peserta didik. Sedangkan model pembelajaran TGT diterapkan pada kelas eksperimen 2 dengan 29 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket motivasi awal dan angket motivasi akhir kepada peserta didik untuk mengukur peningkatan motivasi. Pengadaan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep. Hasil nilai tes dan skor angket motivasi diuji dengan uji Mann-Whitney U untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan konsep dan motivasi belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran. Besarnya peningkatan penguasaan konsep dan motivasi belajar dianalisis dengan analisis Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh model pembelajaran DI terhadap motivasi belajar peserta didik, (2) ada pengaruh model pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar peserta didik, (3) ada pengaruh model pembelajaran DI terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik, (4) ada pengaruh model pembelajaran TGT terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik, (5) model pembelajaran TGT lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar fisika, dan (6) model pembelajaran TGT lebih efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Direct Instruction (DI), Teams Game Tournament (TGT), motivasi belajar, penguasaan konsep, Hukum Gravitasi Newton
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56353

Actions (login required)

View Item View Item