TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG KONSEP MENCETAK GOL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SD N BENDUNGAN 1, KARANGMOJO, GUNUNGKIDUL

Wardayanti, Eka Rahayu (2018) TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG KONSEP MENCETAK GOL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SD N BENDUNGAN 1, KARANGMOJO, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EKA 2018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan konsep tentang mencetak gol pada permainan sepakbola akan sangat menunjang dalam bermain sepakbola siswa, namun latihan ekstrakurikuler sepakbola di SD N Bendungan 1, Karangmojo, Gunungkidul sebagian besar hanya pada aspek psikomotor saja, hanya materi gerak yang menuju teknik bermain sepakbola yang diajarkan oleh pelatih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa tentang konsep mencetak gol pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SD N Bendungan 1, Karangmojo, Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan tes pengetahuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola di SD N Bendungan 1, Karangmojo, Gunungkidul adalah 23 siswa, karena keseluruhan populasi dijadikan sampel sehingga disebut penelitian populasi/total sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes benar-salah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa tentang konsep mencetak gol pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SD N Bendungan 1, Karangmojo, Gunungkidul berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 8,70% (2 siswa), kategori “rendah” sebesar 17,39% (4 siswa), kategori “sedang” sebesar 39,13% (9 siswa), kategori “tinggi” sebesar 30,43% (7 siswa), dan kategori “sangat tinggi” sebesar 4,35% (1 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, permainan sepakbola, konsep mencetak gol
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2018 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56352

Actions (login required)

View Item View Item