IDENTIFIKASI PENYEBAB PRESTASI BELAJAR RENDAH SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Rahmawati, Yulia Nur (2018) IDENTIFIKASI PENYEBAB PRESTASI BELAJAR RENDAH SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yulia Nur Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal penyebab prestasi belajar rendah siswa kelas IV di SD N 1 Sedayu Kabupaten Bantul. Faktor internal maliputi intelegensi, minat, bakat, dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah satu siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor penyebab prestasi belajar rendah pada siswa kelas IV di SDN 1 Sedayu Kabupaten Bantul adalah motivasi, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Motivasi belajar siswa yang rendah disebabkan tingginya rasa malas siswa dalam mengerjakan tugas serta kurangnya motivasi yang diberikan oleh orang tua. Lingkungan keluarga sangat berpengaruh erat dengan prestasi belajar, hal ini terkait dengan kurangnya perhatian dan kehangatan dalam keluarga siswa itu sendiri. Kata kunci: Prestasi Belajar Rendah, Faktor Penyebab, Siswa Kelas IV

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Mar 2018 07:55
Last Modified: 30 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56348

Actions (login required)

View Item View Item